Kajian Ziswaf:

Ringkasan Kajian Ziswaf
(Jum’at, 26 Februari 2021)
Pemateri: Prof. Dr. drh. Srihadi Agungpriyono, PAVet(K), Dipl. ACCM.

Sedekah, Amalan yang Mulia

Nabi sudah menjelaskan perihal segala sesuatu yang mendekatkan kita ke surga dan menjauhkan diri kita dari neraka. Seperti yang diriwayatkan dalam hadis Abu Dzar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah tinggal sesuatu pun kondisi yang mendekatkan kalian ke surga dan menjauhkan dari neraka melainkan saya telah menjelaskan pada kalian semua”. Maka seorang Muslim disyariatkan untuk menjadikan Akhirat tujuan hidup karena paham bahwa tujuan penciptaan adalah ibadah, dan ibadah ini akan menuju pada kehidupan yang sebenarnya di Akhirat, yaitu surga.

Diantara petunjuk-petunjuk yang diberikan Nabi pada umat manusia, salah satu amal sholeh yang penting dan ternyata memiliki kedudukan yang luar biasa adalah melaksanakan sedekah. Harta yang kita peroleh dalam Islam diatur oleh koridor antara lain untuk disedekahkan. Diberikan kepada yang membutuhkan. Orang yang memberi, bertaqwa, mensedekahkan dan percaya akan hari pembalasan maka akan dimudahkan segala urusannya, dimudahkan jalannya kearah kebaikan dan akan berbahagia. Sedangkan orang yang pelit harta dan tidak percaya akan kehidupan akhir bahwa semua akan dipertanggung jawabkan maka akan diberikan kesukaran dalah hidup.

Allah berfirman, “Jika kamu bersedekah, maka kamu akan mudah hidup di dunia. Jika kamu pelit, kamu bakhil maka akan mendapat kesukaran”. Dalam harta itu ada syariat ada aturan dalam Islam bahwa dalam harta kita ada bagian dari orang lain yang harus diberikan.

Bapak ibu yg dirahmati Allah mari kt segerakan segala kebaikan yg bs kt lakukan, selagi msh ada kesempatan.

Bpk/Ibu dpt bersedekah/berwakaf melalui transfer ke:

No Rekn. 8005001126
(BNI Syariah a.n Wakaf IPB)

Bpk/Ibu dpt berwakaf dalam Kalisa IPB, dengan klik:
ipb.link/wakaf-kalisa
Dan mengikuti petunjuk pengisian:

  • isi data diri & data lainnya
  • Lokasi distribusi: IPB
  • Pilihan program: Kalisa IPB

Mari kita persiapkan jalan pulang sebaik-baiknya.

Semoga Allah SWT, meridhoi segala ikhtiar yang kita lakukan.

Aamin Ya Rabbal Alamin.

Salam Keberkahan,
BPIDS IPB

*) Utk info lebih lanjut silahkan hubungi:
Whatsapp kami di nomor 082211111926
Email kami di bpids@apps.ipb.ac.id
Website kami wakaf.ipb.ac.id

Leave a Reply