Kajian Ziswaf: Perniagaan Yang Tidak Akan Rugi

Ringkasan Kajian Ziswaf,
(12 Maret 2021)
Pemateri: Dr. Ir. Abdul Munif, M.Sc.

Perniagaan Yang Tidak Akan Rugi

Mereka hanya mengetahui yang lahir (nampak) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai (QS. Ar-Ruum: 7). Banyak manusia yang hanya mencari ilmu dan memikirkan keuntungan hanya untuk di dunia. Hal ini menyebabkan sedikit sekali yang memahami ilmu tentang akhirat sehingga banyak yang lalai dari kewajiban kita sebagai umat manusia untuk mempersiapkan akhiratnya.

Seperti yang terkandung dalam QS. Ash-Shaff: 10-12 dimana beriman dan berjihad di jalan Allah merupakan sebuah bentuk ‘perniagaan’ yang paling agung. Hal ini dikarenakan akan menghasilkan keuntungan yang paling besar dan akan kekal abadi selamanya. Selain itu, dengan beriman dan berjihad di jalan Allah akan diraih segala harapan kebaikan dan ampunan serta terhindar dari semua keburukan yang paling ditakutkan, yaitu neraka.

Harta yang kita miliki selama berada di dunia itu bagaikan air yang tidak mudah dikendalikan jika sudah melebihi batas. Terlebih lagi jika tidak dipergunakan untuk hal-hal yang baik. Maka dari itu, hanya amal sholeh lah yang akan bersifat abadi dan layak untuk menjadi harapan kita untuk di akhirat kelak.

Terdapat tiga jenis ‘perniagaan’ mulia sebagai perniagaan yang pasti beruntung dan tidak akan merugi, yaitu: Tilawah Al-Quran, mendirikan sholat dan menafkahkan rezeki.

Barang siapa yang menjadi ahli Al Quran akan mendapatkan kebaikan didunia dan syafa’at atau penolong di akhirat kelak.

Sholat akan mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar. Selain itu, sholat juga menjadi amal penentu di hadapan Allah dan memiliki pahala yang luar biasa besar.

Kemudian yang terakhir adalah menafkahkan rezeki dengan cara berinfak baik yang wajib ataupun sunnah.

Kehidupan dunia yang kita jalani saat ini hakikatnya adalah pertaruhan diri kita untuk membawanya kepada jalan kebaikan atau justru akan membawa kita dalam kebinasaan.

Wallaahu a’lam

Bagi Bpk/Ibu yg ingin berwakaf dapat

transfer ke: BNI Syariah No. Rek:
8005001126 an. Wakaf IPB

Bpk/Ibu dpt berwakaf dalam Kalisa IPB, dengan klik:
ipb.link/wakaf-kalisa
Dan mengikuti petunjuk pengisian:

  • isi data diri & data lainnya
  • Lokasi distribusi: IPB
  • Pilihan program: Kalisa IPB

Mari kita persiapkan jalan pulang sebaik-baiknya.

Semoga Allah SWT, meridhoi segala ikhtiar yang kita lakukan.

Aamin Ya Rabbal Alamin.

Salam Keberkahan,
BPIDS IPB

*) Utk info lebih lanjut silahkan hubungi:
Whatsapp 082211111926
Email bpids@apps.ipb.ac.id
Website wakaf.ipb.ac.id

Leave a Reply