Kajian Ziswaf: Fiqih Wakaf Sesi 1



Pemateri: Dr. Furqon Syarief Hidayatulloh, S. Ag., M. Pd.

Harta dalam pandangan Islam dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang disukai dan dicintai oleh manusia. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS. Ali Imran:14).

Harta juga merupakan perhiasan dunia. Di sisi lain, harta adalah ujian bagi umat manusia sehingga harta seharusnya menjadi bekal ibadah dan perjuangan agar menambah keberkahan dan mendapatkan pahala serta selamat dari azab Allah SWT. Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan (QS. Al Kahfi:46). Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna, di akhir zaman kelak akan dimintai pertanggung jawabannya terhadap harta yang dimilikinya.

Maka dari itu, baiknya kita mempergunakan harta yang kita miliki untuk hidup untuk Zat Yang Maha Hidup serta berusaha untuk menggapai Ridhonya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menginvestasikan harta kita untuk kehidupan di akhirat. Diantara investasi yang paling berharga adalah bersedekan dengan harta (wakaf). Tiga perkara yang amalannya tetap mengalir (tidak putus) walaupun seseorang tersebut sudah meninggal, diantaranya adalah sedekah jatriyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan orang tuanya (HR. Muslim).

Dengan bersedekah, kita akan mendapatkan hikmah yang besar, yaitu akan dekat dengan Allah, dijauhkan dari api neraka, mendapatkan kesejukan di dalam kubur, mendapat perlindungan pada hari kiamat dan didoakan oleh para Malaikat Allah. Untuk itu, marilah kita memperkuat niat kita untuk terus bersedekah atau berwakaf. Karena hal tersebut merupakan perwujudan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan akan diberikan kelapangan rezeki dan kemudahan hidup oleh Allah SWT serta ditambah amal kebaikan dan diperbanyak pahala bagi siapa yang selalu mempergunakan hartanya di jalan Allah SWT.

Bagi Bpk/Ibu yg ingin berwakaf dapat

transfer ke: BNI Syariah No. Rek:
8005001126 an. Wakaf IPB

Bpk/Ibu dpt berwakaf dalam Kalisa IPB, dengan klik:
ipb.link/wakaf-kalisa
Dan mengikuti petunjuk pengisian:

  • isi data diri & data lainnya
  • Lokasi distribusi: IPB
  • Pilihan program: Kalisa IPB

Mari kita persiapkan jalan pulang sebaik-baiknya.

Semoga Allah SWT, meridhoi segala ikhtiar yang kita lakukan.

Aamin Ya Rabbal Alamin.

Salam Keberkahan,
BPIDS IPB

*) Utk info lebih lanjut silahkan hubungi:
Whatsapp 082211111926
Email bpids@apps.ipb.ac.id
Website wakaf.ipb.ac.id

Leave a Reply